Tayamum

Jumat, 02 Oktober 2020

TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN PENELITIAN KUANTITATIF

 

TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUANTITATIF

 “Tugas Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini”

Dosen Pengampu: Uswatun Hasanah, M.Pd.



 

 

Disusun Oleh :

ANNISA FADHILA                                                   (1801030001)

 

 

 

 

KELAS B

PRODI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO

TAHUN AKADEMIK 2020

 

 

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dengan Penelitian Kuantitatif

No

Kualitatif

kuantitatif

 

 

1

 

  

 

Ø    Desain

1.    Spesifik, jelas, rinci

2.    Ditentukan secara menetap sejak

3.    awal

4.    Menjadi tumpuan langkah demi

5.    langkah

 

Ø  Desain

1.         Umum

2.         Fleksibel

3.         Berkembang dan muncul dalam proses penelitian.

 

 

 

2

 

Ø    Tujuan

1.    Menunjukkan hubungan antar variable

2.    Menguji teori

3.    Mencari generalisasi yang mempunya

4.    nilai prediktif

Ø  Tujuan

1.         Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif

2.         Menemukan teori

3.         Menggambarkan realitas yng kompleks

4.         Memperoleh pemahaman makna

 

3

 

Ø    Teknis Pengumpulan Data

1.    Kuesioner

2.    Observasi dan wawancara instruktur

Ø  Teknis Pengumpulan Data

1.      Participan observasion

2.      In depth interview

3.      Dokumentai

4.      Tringulasi

 4

 

Ø    Instrument Penelitian

1.   Tes, angket, wawancara

2.   terstruktur

3.   Instrumen yang telah terstandar

Ø  Instrument Penelitian

1.    Peneliti sebagai instrumen

2.    Buku catatan, tape recorder, camera, handycam, dll.

 

 

 5

  

 

Ø              Data

1.     Kuntitatif

2.     Hasil pengukuran variable yang

dioperasionalkan dengan menggunakan intrumen

Ø          Data

1.    Deskriptif kualitatif

2.    Dokumen pribadi, catatan lapangan, capan dan tindakan responden,

 

 

3.    dokumen, dll.

 

 

6

 

 

 

Ø  Sampel

1.      Besar

2.      Representatif

3.      Sedapat mungkin random

4.      Ditentukan sejak awal

Ø  Sampel

1.      Kecil

2.      Tidak representatif

3.      Purposive, snowball

4.      Berkembang selama proses peneltian

 

7

Ø  Analisis

1.    Setelah selesai mengumpulkan data

2.    Deduktif

3.    Menggunakan statistik untuk menguji hipotesis 

 

 

Ø  Analisis

1.      Terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian

2.      Induktif

3.      Mencari pola, model, tema, teori.

              8

Ø  Hubungan dengan responden

1.    Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif

2.    Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden

3.    Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan

Ø  Hubungan dengan responden

1.      Empati, akrab supya memperoleh pemahaman yang mendalam.

2.      Kedudukan sama sebagai guru, konsultan.

3.      Jangka lama, dapat ditemukan hipotesis atau teori.

 

9

Ø  Usulan desain

1.    Luas dan rinci

2.    Literatur yang berhubungan dengan masalah, dan variable yang diteliti

3.    Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya

4.    Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas.

5.    Hipotesis dirumuskan dengan jelas

6.    Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun kelapangan

Ø  Usulan desain

1.      Singkat, umum, bersifat sementara

2.      Literatur yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pegangan utama

3.      Prosedur bersifat umum, seperti kan merencanakan suatu perjalanan/piknik.

4.      Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan setelah studi pendahuluan

5.      Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan hipotesis

6.      Fokus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan.

10

Ø  Kapan peneliti dianggap selesai ?

Setelah semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan

Ø  Kapan peneliti dianggap selesai ?

Setelah tidak ada data yang dianggap baru/jenuh

11

Ø   Kepercayaan terhadap hasil penelitian

Penguji validitas dan realiabilitas instrumen

Ø  Kepercayaan terhadap hasil penelitian

Pengujian kredibilits, depenabilitas, proses dan hasil penelitian

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN PENELITIAN KUANTITATIF

  TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUANTITATIF   “Tugas Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan...