TABEL
PERBEDAAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUANTITATIF
“Tugas Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata
Kuliah Metode Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini”
Dosen
Pengampu: Uswatun Hasanah, M.Pd.
Disusun
Oleh :
ANNISA
FADHILA (1801030001)
KELAS
B
PRODI
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO
TAHUN
AKADEMIK 2020
Perbedaan
Penelitian Kualitatif Dengan Penelitian Kuantitatif
No |
Kualitatif |
kuantitatif |
|
1 |
Ø
Desain 1.
Spesifik,
jelas, rinci 2.
Ditentukan
secara menetap sejak 3.
awal 4.
Menjadi
tumpuan langkah demi 5.
langkah
|
Ø Desain
1.
Umum 2.
Fleksibel 3.
Berkembang
dan muncul dalam proses penelitian. |
|
2 |
Ø
Tujuan 1.
Menunjukkan
hubungan antar variable 2.
Menguji
teori 3.
Mencari
generalisasi yang mempunya 4.
nilai
prediktif |
Ø Tujuan
1.
Menemukan
pola hubungan yang bersifat interaktif 2.
Menemukan
teori 3.
Menggambarkan
realitas yng kompleks 4.
Memperoleh
pemahaman makna |
|
3 |
Ø
Teknis Pengumpulan Data 1.
Kuesioner
2.
Observasi
dan wawancara instruktur |
Ø Teknis
Pengumpulan Data 1.
Participan
observasion 2.
In
depth interview 3.
Dokumentai
4.
Tringulasi |
|
|
Ø
Instrument Penelitian 1.
Tes,
angket, wawancara 2.
terstruktur 3.
Instrumen
yang telah terstandar |
Ø Instrument
Penelitian 1.
Peneliti
sebagai instrumen 2.
Buku
catatan, tape recorder, camera, handycam, dll. |
|
|
Ø Data
1.
Kuntitatif
2.
Hasil
pengukuran variable yang dioperasionalkan
dengan menggunakan intrumen |
Ø Data
1.
Deskriptif
kualitatif 2.
Dokumen
pribadi, catatan lapangan, capan dan tindakan responden, |
|
|
|
3.
dokumen,
dll. |
|
6 |
Ø Sampel 1.
Besar 2.
Representatif
3.
Sedapat
mungkin random 4.
Ditentukan
sejak awal |
Ø Sampel
1.
Kecil
2.
Tidak
representatif 3.
Purposive,
snowball 4.
Berkembang
selama proses peneltian |
|
7 |
Ø Analisis
1.
Setelah
selesai mengumpulkan data 2.
Deduktif
3.
Menggunakan
statistik untuk menguji hipotesis |
Ø Analisis
1.
Terus
menerus sejak awal sampai akhir penelitian 2.
Induktif 3.
Mencari
pola, model, tema, teori. |
|
8 |
Ø
Hubungan dengan responden 1.
Dibuat
berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif 2.
Kedudukan
peneliti lebih tinggi dari responden 3.
Jangka
pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan |
Ø Hubungan
dengan responden 1.
Empati,
akrab supya memperoleh pemahaman yang mendalam. 2.
Kedudukan
sama sebagai guru, konsultan. 3.
Jangka
lama, dapat ditemukan hipotesis atau teori. |
|
9 |
Ø Usulan
desain 1.
Luas
dan rinci 2.
Literatur
yang berhubungan dengan masalah, dan variable yang diteliti 3.
Prosedur
yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya 4.
Masalah
dirumuskan dengan spesifik dan jelas. 5.
Hipotesis
dirumuskan dengan jelas 6.
Ditulis
secara rinci dan jelas sebelum terjun kelapangan |
Ø
Usulan desain 1.
Singkat,
umum, bersifat sementara 2.
Literatur
yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pegangan utama 3.
Prosedur
bersifat umum, seperti kan merencanakan suatu perjalanan/piknik. 4.
Masalah
bersifat sementara dan akan ditemukan setelah studi pendahuluan 5.
Tidak
dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan hipotesis 6.
Fokus
penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan. |
|
10 |
Ø Kapan peneliti dianggap selesai ? Setelah semua kegiatan yang
direncanakan dapat diselesaikan |
Ø Kapan peneliti dianggap selesai ? Setelah tidak ada
data yang dianggap baru/jenuh |
|
11 |
Ø Kepercayaan
terhadap hasil penelitian Penguji
validitas dan realiabilitas instrumen |
Ø Kepercayaan terhadap hasil
penelitian Pengujian
kredibilits, depenabilitas, proses dan hasil penelitian |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar